Kamis, 16 Februari 2012

Makalah Gempa Bumi dan Tsunami


Makalah ini adalah benar-benar hasil kerja saya dengan cara menggabungkan beberapa informasi yantelah saya cari. Semoga puas...



MAKALAH
TENTANG
GEMPA BUMI & TSUNAMI

http://www.crystalinks.com/tsunami12_04.jpg

D
I
S
U
S
U
N
OLEH:

WAHYU FAOUZIAH




BAB I

PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang

              Sampai saat ini bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat mendukung
kelangsungan hidup seluruh makhluk, diantara planet-planet anggota tata-surya lainnya.
Oleh karenanya pengetahuan mengenai bumi dianggap sangat vital guna kelangsungan
hidup  penghuninya termasuk manusia. Di jagat raya ini masih banyak pengetahuan yang belum kita kuasai, termasuk pengetahuan mengenai gempa bumi dan cara memprediksinya. Gempa bumi adalah getaran yang dapat dirasakan di permukaan bumi karena adanya getaran, terutama yang berasal dari dalam lapisan-lapisan bumi. Gempa bumi merupakan aktivitas lempeng tektonik yang sering terjadi. Sedangkan tsunami di dalam beberapa makalah gempa bumi dan tsunami,  adalah suatu gelombang
laut panjang yang terbentuk dalam periode yang lama yang tingginya bisa mencapai 50 meter, berkecepatan kurang lebih 1000km/jam merambat di atas permukaan laut, dengan sisa genangan air di daratannya yang dapat terukur berapa luas area hempasannya (run up). Kedua  bencana tersebut dapat menimbulkan dampak negatif yaitu kerugian baik dari segi materi maupun korban jiwa.


1.2     Ruang  Lingkup  Masalah
              Adapun  ruang  lingkup  dari  makalah ini yaitu  tentang banyaknya  kejadian bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami yang melanda di muka bumi akhir-akhir ini. Deretan bencana yang beruntun menimbulkan satu pertanyaan, apakah bumi memang sudah tua? Bumi meski nampak tua, tapi dari beberapa makalah gempa bumi dan tsunami  termasuk tangguh dihajar bencana alam yang bertubi-tubi. Serta sederetan fenomena alam yang saling berkaitan.


1.3  Rumusan Masalah

2.1    Apakah  pengertian  dari  gempa  bumi ?
2.2    Ada  berapa  macam-macam gempa  bumi ?
2.3    Bagaimana  klarifikasi  mengenai  gempa  bumi ?
2.4    Apa faktor  terjadinya  penyebab gempa bumi ?
2.5    Apa  saja dampak  yang  ditimbulkan  dari  Gempa  Bumi ?
1
2.6    Bagaimana  upaya  yang dilakukan  apabila terjadi  Gempa  Bumi ?
2.7    Pihak-pihak mana saja yang terkait dalam penanggulangan bencana ?
2.8    Apa pengertian dari Tsunami ?
2.9    Apa  saja penyebab  terjadinya  Tsunami ?
2.10  Apa saja dampak terjadinya  Tsunami ?
2.11  Bagaimana Tsunami dan Gempa Bumi yang pernah terjadi di berbagai wilayah ?
2.12  Apa  saja  syarat-syarat terjadinya  Tsunami ?
2.13  Apa saja hal yang harus dilakukan saat dan setelah terjadi  Tsunami ?
 


1.4     Tujuan  Penulisan
       
              Agar kita mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan  Tsunami serta dampak yang ditimbulkan terhadap kehidupan manusia. Apabila  kita  telah mendapat pengetahuan yang lebih mengenai gempa bumi dan Tsunami, maka kita dapat meningkatkan kewaspadaan kita jika suatu saat nanti kedua bencana tersebut datang melanda negeri tercinta kita ini. 



1.5     Metode  Penelitian
                 
                  Metode  yang  digunakan  dalam  penyusunan  karya  tulis   ini   adalah  metode    kepustakaan. Karya tulis ini  dibuat   berdasarkan   sumber-sumber     dari  internet sebagai  bahan  pengumpulan  data  yang  obyektif.



















2
1.6     Sistematika  Penulisan 
                           
  Halaman
Kata  Pengantar…………………………………………………………………………         i             Abstrak………………………………………………………………………… ………         ii            
Daftar  Isi……………………………………………………………………….......... ..         iii        
BAB  I  PENDAHULUAN
1.1     Latar  Belakang………………………………………………….………....         1                1.2   Ruang  Lingkup  Masalah………………………………………….…........          1
1.3   Rumusan  Masalah…………………………………………………...…….          1
1.4   Tujuan  Penulisan……………………………………………………...…...          2
1.5   Metode  Penulisan…………………………………………………..….......          2
1.6   Sistematika  Penulisan……………………………………………...………         3
BAB  II  PEMBAHASAN
2.1   Pengertian  Gempa  Bumi………………………………………………….          4
2.2   Macam-Macam  Gempa  Bumi…………………………………………….          4
2.3   Klarifikasi  Mengenai  Gempa  Bumi……………………………………..           5
2.4   Faktor  Penyebab  Terjadinya  Gempa  Bumi……………………………..           6
2.5   Dampak  yang  Ditimbulkan  dari  Gempa  Bumi…………………………          7
2.6   Upaya yang  Dilakukan  Apabila  Terjadi  Gempa Bumi…………………           7
2.7   Pihak-Pihak yang  Terkait Dalam Penanggulangan Bencana……………..           9
2.8   Pengertian  Tsunami………………………………………………………           11
2.9   Penyebab  Terjadinya  Tsunami…………………………………………...          11
2.10 Dampak  Terjadinya  Tsunami…………………………………………….          13
2.11 Tsunami dan Gempa Bumi yang  Terjadi di Indonesia……………………          13
2.12 Syarat Terjadinya Tsunami dan Sistem Peringatan Dini………………….           15
2.13 Hal yang Harus Dilakukan Saat dan Setelah Terjadi Tsunami…………….          18

BAB   III  PENUTUP
 
        3.1   Kesimpulan…………………………………………………………………           19
        3.2   Saran………………………………………………………………………..           19
       






3
BAB II

PEMBAHASAN



2.1  Pengertian Gempa  Bumi

              Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Kata gempa bumi juga digunakan untuk menunjukkan daerah asal terjadinya kejadian gempa bumi tersebut. Bumi kita walaupun padat, selalu bergerak, dan gempa bumi terjadi apabila tekanan yang terjadi karena pergerakan itu sudah terlalu besar untuk dapat ditahan.



2.2  Macam-Macam Gempa Bumi

1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ). Gempa bumi ini terjadi akibat
adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempa bumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.

2.   Gempa bumi tektonik. Gempa  bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempa  bumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi.Gempa bumi tektonik disebabkan oleh pelepasan tenaga yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tektonik plate (plat tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik.Gempa bumi tektonik memang unik. Peta penyebarannya mengikuti pola dan aturan yang khusus dan menyempit, yakni mengikuti pola-pola pertemuan lempeng-lempeng tektonik yang menyusun kerak bumi. Dalam ilmu kebumian (geologi),   kerangka     teoretis    tektonik    lempeng    merupakan   postulat   untuk


4
       menjelaskan fenomena gempa bumi tektonik yang melanda hampir seluruh kawasan, yang berdekatan dengan batas pertemuan lempeng tektonik. Contoh gempa  tektonik  ialah  seperti  yang  terjadi  di  Yogyakarta,  Indonesia  pada Sabtu, 27 Mei  2006  dinihari,  pukul 05.54  WIB.

3.    Gempa bumi runtuhan. Gempa bumi ini biasanya terjadi pada daerah kapur ataupun pada daerah  pertambangan, gempa  bumi ini jarang terjadi dan bersifat lokal.

4.    Gempa bumi buatan. Gempa  bumi  buatan  adalah  gempa  bumi  yang  disebabkan oleh   aktivitas   dari   manusia,  seperti   peledakan   dinamit,  nuklir atau palu yang dipukulkan  ke permukaan  bumi.



2.3  Klarifikasi  Mengenai  Gempa  Bumi

              Gempa bumi adalah getaran yang dapat dirasakan di permukaan bumi karena adanya getaran, terutama yang berasal dari dalam lapisan-lapisan bumi.                                 Gempa bumi merupakan aktivitas lembeng tektonik yang sering terjadi.
Klasifikasi gempa bumi dapat dibedakan menjadi 8 yaitu :
1.     Hiposentrum atau jarak fokus gempa, yaitu titik atau garis tempat peristiwa yang    menimbulkan terjadinya gempa, letaknya di dalam litosfer pada kedalaman yang bervariasi, di laut Jawa tercatat hiposentrum dalamnya 700 kepala madrasah, sedangkan gempa di lepas pantai barat Sumatera, Selatan Jawa, dan Nusa Tenggara kedalamannya sekitar  50 km.
2.     Episentrum gempa, yaitu titik atau garis di permukaan bumi atau  permukaan laut tempat gelombang permukaan mulai dirambatkan, atau tempat gelombang primer dan sekunder pertama kali mencapai permukaan bumi atau laut.
3.      Gelombang gempa bumi, dibedakan menjadi 3 macam yaitu :
a.       Gelombang longitudinal atau gelombang primer adalah gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum melalui lapisan litosfer secara menyebar dengan kecepatan antara 7-14 km per detik, mempunyai periode antara 5-7 detik. Gelombang ini adalah gelombang yang pertama kali dicatat oleh seismograf.
b.      Gelombang transversal atau gelombang sekunder adalah gelombang gempa yang bersama-sama dengan gelombang primer dirambatkan dari hiposentrum ke segala arah dalam lapisan litosfer dengan kecepatan antara 4-7 km per detik dan mempunyai periode 11-13 detik. Karena kecepatan gelombang transversal lebih kecil daripada gelombang longitudinal, maka gelombang transversal dicatat di seismograf  setelah  gelombang  primer.

5
c.       Gelombang panjang atau gelombang permukaan adalah gelombang gempa yang dirambatkan    mulai    dari   episentrum   menyebar ke segala arah di permukaan
dengan kecepatan rambat antara 3,5 – 3,9 km per detik dan mempunyai periode yang besar. Gelombang gempa panjang inilah yang mengiringi gelombang primer dan gelombang sekunder dan merupakan gelombang perusak bumi.

4.      Seismograf adalah alat pencatat gempa bumi. Seismograf dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
a) Seismograf horizontal
b) Seismograf vertikal

5.      Seismogram adalah gambaran getaran gempa bumi yang dicatat pada seismograf. Gambaran getaran ini berbentuk garis patah-patah. Apabila getaran semakin kuat, maka garis patah-patah akan semakin lebar dan apabila semakin lama getaran gempa itu di satu tempat, maka semakin panjang pita seismograf yang menggambarkan seismogram.

6.      Pleistosista adalah garis khayal yang membatasi sekitar episentrum yang mengalami kerusakan terhebat akibat dari gempa bumi.



2.4  Faktor  Penyebab  Terjadinya  Gempa  Bumi

              Kebanyakan gempa bumi disebabkan dari pelepasan energi yang dihasilkan oleh tekanan yang dilakukan oleh lempengan yang bergerak. Semakin lama tekanan itu kian membesar dan akhirnya mencapai pada keadaan dimana tekanan tersebut tidak dapat ditahan lagi oleh pinggiran lempengan. Pada saat itulah gempa bumi akan terjadi. Gempa bumi terjadi karena gesekan antar lempeng-lempeng tektonik di bawah permukaan bumi. Pergesekan ini mengeluarkan energi yang luar biasa besar dan menimbulkan goncangan dipermukaan. Indonesia sangat rawan gempa karena secara geografis berada dekat dengan lempeng-lempeng yang aktif dan saling berhubungan satu sama lain, serta karena adanya gunung-gunung berapi yang aktif.
                    
                     Gempa bumi biasanya terjadi di perbatasan lempengan lempengan tersebut. Gempa bumi yang paling parah biasanya terjadi di perbatasan lempengan kompresional dan translasional. Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan litosfer yang terjepit ke dalam mengalami transisi fase pada kedalaman lebih dari 600 km. Beberapa gempa bumi lain juga dapat terjadi karena pergerakan magma di dalam gunung berapi. Gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala akan terjadinya letusan gunung berapi. Beberapa gempa bumi (namun jarang) juga terjadi karena menumpuknya  massa air yang sangat besar di balik dam, seperti Dam Karibia di
6
       Zambia, Afrika. Sebagian lagi (jarang juga) juga dapat terjadi karena injeksi atau akstraksi cairan dari/ke dalam bumi contoh, pada beberapa pembangkit listrik tenaga panas bumi di Rocky Mountain Arsenal. Terakhir, gempa juga dapat terjadi dari peledakan bahan peledak. Hal ini dapat membuat para ilmuwan memonitor tes rahasia senjata nuklir yang dilakukan pemerintah. Gempa bumi yang disebabkan oleh manusia seperti ini dinamakan juga seismisitas terinduksi.


2.5  Dampak  yang  Ditimbulkan  Dari  Gempa  Bumi
              Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan sarana seperti bangunan, jembatan dan jalan-jalan yang besar dan luas. Gempa juga dapat diikuti bencana alam berbahaya seperti tanah longsor dan tsunami. Korban jiwa biasanya terjadi karena tertimpa bagian-
bagian bangunan roboh atau obyek berat lain seperti pohon dan tiang listrik. Orang sering terperangkap dalam bangunan runtuh.Gempa bumi sering diikuti oleh gempa susulan dalam beberapa menit, jam, hari atau bahkan minggu setelah gempa yang pertama, walaupun sering tidak sekuat yang pertama. Ancaman gempa susulan adalah runtuhnya bangunan  yang telah goyah dan rusak akibat gempa pertama.




2.6  Upaya  yang  Dilakukan  Apabila  Terjadi  Gempa  Bumi

              Merencanakan kesiapsiagaan terhadap bencana tidak hanya mencakup perencanaan fisik bangunan belaka. Setiap orang dalam rumah sebaiknya tahu apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi bila situasi darurat terjadi.

v  Prinsip rencana siaga untuk rumah tangga

Ø  Sederhana. Rencana darurat rumah tangga dibuat sederhana sehingga mudah diingat oleh seluruh anggota keluarga. Bencana adalah situasi yang sangat mencekam sehingga mudah mencetus  kebingungan. Rencana darurat yang baik hanya berisi beberapa rincian saja yang mudahdilaksanakan.

Ø  Tentukan jalan melarikan diri.  Pastikan Anda dan keluarga tahujalan yang paling aman untuk keluar dari rumah saat gempa. Jika Anda berencana meninggalkan daerah atau desa, rencanakan beberapa jalandengan memperhitungkan kemungkinan beberapa jalan yang putus atau tertutup  akibat  gempa.


7
Ø  Tentukan tempat bertemu. Dalam keadaan anggota keluarga terpencar, misalnya ibu di rumah, ayah di tempat kerja, sementara anak-anak di sekolah saat gempa terjadi, tentukan tempat bertemu. Yang pertama semestinya lokasi yang aman dan dekat rumah. Tempat ini biasanya menjadi tempat anggota keluarga bertemu pada keadaan darurat. Tempat kedua dapat berupa bangunan atau taman di luar desa, digunakan dalam keadaan anggota keluarga tidak bisa kembali ke rumah. Setiap orang mestinya tahu tempat tersebut.

v  Prinsip rencana siaga untuk sekolah
Sama dengan prinsip rencana siaga di rumah tangga. Gedung sekolah perlu diperiksa ketahanannya terhadap gempa bumi. Sebaiknya sekolah dibangun berdasarkan standar bangunan tahan gempa. Anak-anak sekolah perlu sering dilatih untuk melakukan tindakan penyelamatan diri bila terjadi gempa, misalnya sekurang kurangnya 2 kali dalam setahun.

v  Menyiapkan rumah tahan gempa
Minta bantuan ahli bangunan. Tanyakan tentang perbaikan dan penguatan  rumah seperti serambi, pintu kaca geser, garasi,dan pintu garasi. Setidaknya ada  bagian rumah yang tahan gempa sebagai titik atau ruang berlindung. Periksa apakah fondasi rumah Anda kokoh. Jika mempunyai saluran air panas dan gas, pastikan tertanam dengan kuat. Gunakan sambungan pipa yang lentur. Letakkan barang yang besar dan berat di bagian bawah rak dan pastikan rak tertempel mati pada tembok. Simpan barang pecah-belah di bagian bawah rak atau lemari yang berlaci dan dapat dikunci. Gantungkan benda berat seperti gambar,lukisan, dan cermin jauh dari tempat tidur, sofa atau kursi  dimana  orang  duduk. Segera perbaiki kabel-kabel yang rusak dan sambungan gas yang bocor. Perbaiki keretakan-keretakan pada atap dan fondasi rumah, dan pastikan hal itu bukan karena kerusakan struktur. Pasang pipa air dan gas yang lentur untuk menghindari kebocoran air dan gas. Simpan racun serangga atau bahan yang berbahaya dan mudah terbakar di tempat aman, terkunci serta jauh dari jangkauan anak-anak. Hiasan gantung dan lampu diikat kuat agar tidak jatuh pada saat gempa. Bila memungkinkan sediakan kasur gulung di dekat tempat-tempat tertentu sebagai alat pengaman kejatuhan barang dari atas. Menyediakan helm dekat dengan tempat kerja atau tempak tidur Anda dan gunakan segera ketika terjadi gempa.

v  Tindakan saat terjadi gempa bumi
Bila Anda berada dalam bangunan, cari tempat perlindungan, misalnya di bawah meja yang kuat. Hindari jendela dan bagian rumah yang terbuat dari kaca. Gunakan bangku, meja atau perlengkapan rumah tangga yang kuat sebagai perlindungan. Tetap di   sana    namun   bersiap  untuk   pindah. Tunggu   sampai



8
goncangan berhenti dan aman untuk bergerak. Menjauhlah dari jendela kaca, perapian, kompor atau peralatan rumah tangga yang mungkin akan jatuh. Tetap di dalam untuk menghindari terkena pecahan kaca atau bagian-bagian  bangunan. Jika malam hari dan Anda di tempat tidur, jangan lari keluar. Cari tempat yang aman di bawah tempat tidur atau meja yang kuat dan tunggu gempa berhenti. Jika gempa sudah berhenti, periksa anggota keluarga dan carilah tempat yang aman. Ada baiknya kita mempunyai lampu senter dekat tempat tidur. Saat gempa malam hari, alat murah ini sangat berguna untuk menerangi jalan mencari tempat aman, terutama  bila  listrik  padam  akibat  gempa. Lilin  dan  lampu  gas sangat berbahaya, dan sebaiknya tidak digunakan. Jika Anda berada di tengah keramaian, cari perlindungan. Tetap tenang dan mintalah yang lain untuk tenang juga. Jika sudah aman, pindahlah ke tempat yang terbuka, jauh dari pepohonan besar atau bangunan. Waspada akan kemungkinan gempa susulan. Jika Anda di luar, cari tempat terbuka,jauh dari bangunan, pohon tinggi danjaringan listrik. Hindari rekahan akibat gempa yang bisa sangat berbahaya. Jika Anda mengemudi, berhentilah jika aman, tapi tetap dalam mobil. Jangan berhenti dekat pohon tinggi, lampu lalu lintas atau tiang listrik. Jika Anda di pegunungan, dekat dengan lereng atau jurang yang rapuh, waspadalah dengan batu atau tanah longsor yang runtuh akibat gempa. Jika Anda di pantai, segeralah berpindah ke daerah yang tinggi atau berjarak beberapa ratus meter dari pantai. Gempa bumi dapat menyebabkan tsunami selang beberapa menit atau jam setelah gempa dan menyebabkan kerusakan yang hebat.

v  Tindakan  Setelah  Gempa  Gumi  Berlangsung 
Saat Anda  dan  keluarga terlepas  dari  ancaman  akibat   Gempa, periksa adanya luka. Setelah menolong diri, bantu menolong mereka  yang terluka atau terjebak. Hubungi petugas yang menangani bencana, kemudian berikan pertolongan pertama jika memungkinkan. Jangan coba  memindahkan mereka yang luka serius karena justru bisa memperparah luka. Periksa keamanan. Lindungi diri Anda dari ancaman tidak langsung dengan memakai celana panjang, baju lengan panjang, sepatu yang kuat, dan jika mungkin juga sarung tangan. Ini akan melindungi Anda dari luka akibat barang-barang  yang pecah.


2.7  Pihak-Pihak  yang  Terkait  Dalam  Penangguluangan  Bencana
              Dalam setiap kejadian bencana di Indonesia ada beberapa pihak yang bekerja sama dalam melakukan usaha-usaha penanganannya. Adalah hak masyarakat untuk menghubungi instansi terkait ini karena keberadaan pihak-pihak ini adalah untuk mendampingi masyarakat dalam usaha penanggulangan bencana. Hubungan dengan




9
pihak-pihak ini sebaiknya dijalin dalam tahap sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana. Untuk memperkuat kesiapsiagaan, masyarakat bisa mendapatkan pelatihan dan bantuan dari instansi/organisasi dibawah ini :
a.  Dinas Sosial
Adalah instansi Pemerintah yang menangani  bidang kesejahteraan dalam membantu masyakakat yang dilanda bencana.

b.  Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Bisa  member  pelatihan  kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dalam
bidang operasi di lapangan.

c.    Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG)
Adalah   instansi   pemerintah yang memberi informasi tentang perkembangan cuaca,
gempa bumi dan kegiatan gunung berapi.

d.   Search and Rescue (SAR)
Adalah lembaga yang bertugas dalamhal melakukan pencarian, pertolongan dan penyelamatan terhadap orang yang mengalami musibah atau diperkirakan hilang dalam suatu bencana.

e.    Rumah Sakit (Unit Gawat Darurat)
Adalah instansi pemerintah maupun swastayang memiliki kapasitas/kewenangan dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat luas. Dalam hal penanganan bencana, rumah sakit melakukan penanganan korban bencana baik dalam penanganan penderita gawat darurat maupun tindakan-tindakan perawatan korban bencana secara berkelanjutan.

f.     Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)
Adalah instansi pemerintah yang memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kesehatan di tingkat lapisan masyarakat terkecil, dan instansi ini memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan-tindakan penanganan penderita gawat darurat sebelum dilakukan evakuasi selanjutnya ke rumah sakit.

g.    Polisi Daerah
Adalah instansi pemerintah yang memiliki kewenangan dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus memiliki fungsi sebagai pihak yang melakukan tindakan-tindakan yang bersifat darurat dalam penanganan bencana di masyarakat. Instansi kepolisian biasanya ada di setiap  tingkatan masyarakat hingga yang terkecil.

h.   Hansip / Linmas
Adalah kelompok masyarakat yang ditugaskan untuk membantu tugas kepolisian dalam melakukan pengamanan wilayah domisili tugas mereka. Kelompok kini terdiri dari anggota-anggota masyarakat terpilih dan dipercayai untuk melakukan pengawasan terhadap keamanan dan ketertiban wilayah.

10

i.      Palang Merah Indonesia (PMI)
Adalah lembaga yang bertugas untuk membantu masyarakat dalam meringankan penderitaan masyarakat yang dilanda bencana.

j.     Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
LSM lokal bisa bekerja sama dengan masyarakat dalam menanggulangi bencana dan membantu masyarakat untuk membina hubungan ke luar.

k.   Media Massa
Media Massa Cetak   maupun Elektronik (televisi dan radio) bisa menyebarkan berita
tentang  bencana dan bisa membantu untuk  mencari bantuan.

l.      Kelompok  Masyarakat  Penanggulangan  Bencana (KMPB)
Terdiri  atas  anggota-anggota  masyarakat  yang   pembentukannya  adalah hasil dari
keputusan masyarakat bersama.


2.8  Pengertian  Tsunami
              Tsunami (bahasa Jepang: 津波; secara harafiah berarti “ombak besar di pelabuhan”) adalah sebuah ombak yang terjadi setelah sebuah gempa bumi, gempa laut, gunung berapi meletus, atau hantaman meteor di laut. Tenaga setiap tsunami adalah tetap terhadap fungsi ketinggian dan kelajuannya. Dengan itu, apabila gelombang menghampiri pantai, ketinggiannya meningkat sementara kelajuannya menurun. Gelombang tersebut bergerak pada kelajuan tinggi, hampir tidak dapat dirasakan efeknya oleh kapal laut (misalnya) saat melintasi di laut dalam, tetapi meningkat ketinggian hingga mencapai 30 meter atau lebih di daerah pantai. Tsunami bisa menyebabkan kerusakan erosi dan korban jiwa pada kawasan pesisir pantai dan kepulauan.

2.9  Penyebab  Terjadinya  Tsunami
              Tsunami dapat terjadi jika terjadi gangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90%  tsunami adalah akibat gempa bumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunung meletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.
              11
Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan kesetimbangan air yang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi air laut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.Kecepatan gelombang tsunami tergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannya bisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai, kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusak daerah pantai yang dilaluinya.
              Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanya beberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggi gelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air. Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantai dengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer. Gerakan vertikal ini dapat terjadi pada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyak terjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samudera menelusup ke bawah lempeng benua. Tanah longsor yang terjadi di dasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air laut yang dapat menghasilkan tsunami.
              Gempa yang menyebabkan gerakan tegak lurus lapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehingga keseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnya dengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor atau longsor ini cukup besar, dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapai ratusan meter.
              Tsunami sebenarnya adalah pola air yang bergerak. Polanya selalu masuk akal dan dapat dibaca. Setiap kubik air mempunyai kekuatan mencapai 4 ton tenaga dorongan. Tsunami setinggi 60 kaki memiliki tekanan sebesar 3-4 bar. Dan kekuatan terjang ombaknya mencapaii hingga 80kilo newton.
              Biasanya kemunculan ombak atau gelombang dimulai dari lautan lepas dan terbuka. Karena pola airnya yang masuk akal, dan dapat terukur dengan spectroscop (alat pengukur gelombang laut atau amplitudo antar gelombangnya) maka letak episentrum atau pusat gempanya dapat diperkirakan. Biasanya perpindahan barang yang dihempaskan oleh gelombang tsunami dapat menentukan letak episentrumnya, atau pusat ledakan (explosive gempa).Pemicu tsunami adalah karena adanya ledakan di bawah laut dalam area yang luas. Ledakan itu terjadi karena adanya gempa tektonik.



12
2.10 Dampak  Terjadinya  Tsunami
              Dampak negatif yang diakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan, tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkan genangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.Kebanyakan kota di sekitar Samudra Pasifik, terutama di Jepang juga di Hawaii, mempunyai sistem peringatan dan prosedur pengungsian sekiranya tsunami diramalkan akan terjadi. Tsunami akan diamati oleh berbagai institusi seismologi sekeliling dunia dan perkembangannya dipantau melalui satelit. Bukti menunjukkan tidak mustahil terjadinya megatsunami, yang menyebabkan beberapa pulau tenggelam.


2.11 Tsunami  dan  Gempa  Bumi  yang  Pernah  Terjadi  di  Berbagai  Wilayah
v  Kilas balik dari bencana gempa bumi dan tsunami yang sudah pernah terjadi. Yang beberapa di antaranya menimpa bumi pertiwi, adalah sebagai berikut :
·                 Tahun 1907, tsunami pertama di Propinsi DI Aceh.
·                 Tanggal 26 Desember 2004, tsunami lagi di Propinsi DI Aceh.
·                 Tanggal 12 Januari 2006, gempat bumi Haiti yang beresiko memicu  tsunami.
·                 Bulan Juli 2006, gempa bumi dan tsunami di Pangandaran.
·                  Bulan Agustus 2009, gempa bumi di Padang.
·                Tanggal 1 Agustus 2010 pukul 09.10 WIB, terjadinya peningkatan aktivitas flare     sampai skala C2.
·                Tanggal 1 Agustus 2010 pukul 16.00 WIB, terjadi ledakan (flare) kecil pada  permukaan matahari.
·                  Tanggal 3 Agustus 2010, dampak ledakan matahari sampai ke bumi.
·                Tanggal 3 Agustus 2010 muncul penampakan aurora di langit di atas Wisconsin Utara.
v  Tsunami   Dalam  Sejarah
·                1 November 1755. Tsunami menghancurkan Lisboa, ibu kota Portugal,  dan menelan 60.000 korban jiwa.
·                Pada tanggal 26 Agustus 1883, letusan gunung Krakatau dan tsunami menewaskan lebih dari 36.000 jiwa.
·                Pada tanggal 25-26 Desember 2004, gempa besar yang menimbulkan tsunami menelan korban jiwa lebih dari 250.000 di Asia Selatan, Asia Tenggara dan Afrika. Ketinggian tsunami 35 m,
13
·                17 Juli 2006, Gempa yang menyebabkan tsunami terjadi di selatan pulau Jawa, Indonesia, dan setinggi maksimum ditemukan 21 meter di Pulau Nusakambangan. Memakan korban jiwa lebih dari 500 orang.
·                12 September 2007, Bengkulu, M8.4, Memakan korban jiwa 3 orang. Ketinggian tsunami 3-4 m.
Banyak  tsunami  yang telah terjadi sepanjang  sejarah  manusia. Beberapa di  antaranya adalah  yang  terjadi  di Indonesia, seperti tsunami yang menghantam wilayah Mentawai dan tsunami Aceh pada tahun 2004 lalu.
http://www.crystalinks.com/tsunami12_04.jpg
Sejarah mencatat bahwa bencana yang terjadi akibat aktivitas geologi itu hampir selalu   merenggut banyak nyawa. Berikut ini adalah catatan sejarah tentang lima tsunami yang paling mematikan.

1.      Tsunami  Aceh
Tsunami ini terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 akibat gempa berkekuatan 9,1    hingga 9,3 skala Richter. Gelombang tsunami menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur.
     Sejumlah 226.000 jiwa tewas akibat tsunami ini dengan 166.000 jiwanya merupakan warga negara Indonesia. Gempa penyebab tsunami ini merupakan gempa terbesar keempat yang terjadi dalam sejarah, sedangkan tsunaminya merupakan tsunami yang terbesar. Jumlah orang yang meninggal mencapai 226.000 jiwa dengan 166.000 jiwanya merupakan orang Indonesia.

14
2.      Tsunami di   Masa  Yunani  Kuno
Tsunami   di   masa   Yunani   Kuno  ini   diketahui merupakan tsunami pertama yang terekam  sepanjang sejarah. Sebab, tsunami  adalah  meletusnya  gunung  yang berada di dekat Pulau Thera atau Santorini. Jumlah orang yang tewas dalam tsunami ini tidak diketahui    dengan    pasti,   tetapi   ditaksir   mencapai   lebih   dari   100.000   orang.
      Gelombang tsunami diperkirakan mencapai 15 meter. Sementara itu, tsunami yang         terjadi pada tahun 1500 SM ini diperkirakan menjadi sebab runtuhnya peradaban Minoa, salah satu peradaban yang berkembang kala itu.

3.      Tsunami di Portugal, Spanyol, dan Maroko
Tsunami ini terjadi akibat gempa berpusat di dasar perairan Atlantik pada tahun 1755. Gelombang tsunami menghantam kota-kota di Portugal, Spanyol, dan Maroko dengan kerusakan   terparah   terjadi   di  wilayah  kota  Lisbon.  Tinggi  gelombang   tsunami memang  tak  melebihi Tsunami   Krakatau, tetapi jumlah orang yang tewas  jauh lebih banyak, yaitu sebanyak 60.000 orang.

4.      Tsunami Laut China Selatan
Tsunami ini terjadi pada tahun 1782 di wilayah Laut China Selatan yang berdekatan dengan Taiwan. Sebab, tsunami adalah gempa tektonik yang terjadi di dasar lautan. Tidak jelas pusat gempa dan kekuatannya, tetapi sebanyak 40.000 orang tewas karenanya. Berdasarkan katalog tsunami yang dipublikasikan Rusia, gelombang tsunami  menerjang daratan hingga sejauh 120 kilometer.

5.      Tsunami  Akibat  Letusan  Gunung Krakatau di Selat Sunda
Tsunami ini terjadi pada tahun 1883 dan membunuh sekitar 36.000 orang. Gelombang tsunami    yang    ditimbulkan    oleh   letusan mencapai tinggi 40 meter dan menyapu setidaknya   165   desa   di   wilayah  Jawa  dan  Sumatera. Letusan   Krakatau  sendiri merupakan  letusan gunung api yang terbesar dalam sejarah, menimbulkan suara yang begitu keras dan abu vulkanik yang bahkan tersebar hingga ke Australia.

2.12 Syarat Terjadinya Tsunami  Akibat  Gempa dan Sistem  Peringatan  Dini
v Syarat terjadinya tsunami akibat gempa
·         Gempa bumi yang berpusat di tengah laut dan dangkal (0 – 30 km).
·         Gempa bumi dengan kekuatan sekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter.
·         Gempa bumi dengan pola sesar naik atau sesar turun.




15
v Sistem Peringatan Dini
              Banyak kota-kota di sekitar Pasifik, terutama di Jepang dan juga Hawaii, mempunyai sistem peringatan tsunami dan prosedur evakuasi untuk menangani kejadian tsunami. Bencana tsunami dapat diprediksi oleh berbagai institusi seismologi di berbagai penjuru dunia dan proses terjadinya tsunami dapat dimonitor melalui perangkat yang ada di dasar atau permukaan laut yang terknoneksi dengan  satelit.
              Perekam tekanan di dasar laut bersama-sama denganperangkat yang mengapung di laut Buoy, dapat digunakan untuk mendeteksi gelombang yang tidak dapat dilihat oleh pengamat manusia pada laut dalam. Sistem sederhana yang pertama kali digunakan untuk memberikan peringatan awal akan terjadinya tsunami pernah dicoba di Hawai pada tahun 1920-an. Kemudian, sistem yang lebih canggih dikembangkan lagi setelah terjadinya tsunami besar pada tanggal 1 April 1946 dan 23 Mei 1960. Amerika serikat membuat Pasific Tsunami Warning Center pada tahun 1949, dan menghubungkannya ke jaringan data dan peringatan Internasional pada tahun 1965.
              Salah satu sistem untuk menyediakan peringatan dini tsunami, CREST Project, dipasang di pantai Barat Amerika Serikat, Alaska, dan Hawai oleh USGS, NOAA, dan Pacific Northwest Seismograph Network, serta oleh tiga jaringan seismik universitas.
              Hingga kini, ilmu tentang tsunami sudah cukup berkembang, meskipun proses terjadinya masih banyak yang belum diketahui dengan pasti. Episenter dari sebuah gempa bawah laut dan kemungkinan kejadian tsunami dapat cepat dihitung. Pemodelan tsunami yang baik telah berhasil memperkirakan seberapa besar tinggi gelombang tsunami di daerah sumber, kecepatan penjalarannya dan waktu sampai di pantai, berapa ketinggian tsunami di pantai dan seberapa jauh rendaman yang mungkin terjadi di daratan. Walaupun begitu, karena faktor alamiah, seperti kompleksitas topografi dan batimetri sekitar pantai dan adanya corak ragam tutupan lahan (baik tumbuhan, bangunan, dll), perkiraan waktu kedatangan tsunami, ketinggian dan jarak rendaman tsunami masih belum bisa dimodelkan secara akurat.








16
v Sistem Peringatan Dini Tsunami di Indonesia
              Indonesia saat ini sedang melakukan pekerjaan pembangunan Sistem Peringatan Dini Tsunami. Salah satu proyek yang dikerjakan adalah kerjasama dengan negara Jerman. Proyek ini bernama GITEWS (Germany Indonesia Tsunami Early Warning System). Ada 3 pilot area yang dipilih untuk pelaksanaan proyek ini yaitu Kota Padang, Jawa Tengah (Cilacap, Kebumen dan Bantul) serta Bali (Kab. Badung). Pengembangang Sistem Peringatan Dini Tsunami ini melibatkan banyak pihak dan instansi-instansi pemerintah. Sebagai koordinator dari pihak Indonesia adalah Kementrian RISTEK (Riset dan Teknologi). Sedangkan instansi yang ditunjuk dan bertanggung jawab untuk mengeluarkan INFO GEMPA dan PERINGATAN TSUNAMI adalah BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika).          
              Tujuan utama pembangunan Sistem Peringatan Dini Tsunami ini adalah untuk terciptanya sebuag sistem yang dapat menginformasikan serta memperingatkan masyarakat luas apabila terjadi Gempa yang berpotensi Tsunami dalam waktu  yang  singkat, agar kerugian nyawa dan materi dapat dihindarkan semaksimal mungkin.
v Cara Kerja
              Sebuah Sistem Peringatan Dini Tsunami adalah merupakan rangkaian sistem kerja yang rumit dan melibatkan banyak pihak secara internasional, regional, nasional, daerah dan bermuara di Masyarakat.
              Apabila terjadi suatu Gempa, maka kejadian tersebut dicatat oleh alat Seismograf (pencatat gempa). Di lautan, peralatan-peralatan elektronik juga mencatat serta merekam data-data dasar serta permukaan laut. Data-data tersebut kemudian dikirim melalui Satelit kekantor-kantor yang berwenang (untuk Indonesia bernama BMG). Selanjutnya BMG akan mengeluarkan INFO GEMPA yang disampaikan melalui peralatan teknis secara simultan. Cara penyampaian Info Gempa tersebut untuk saat ini adalah melalui SMS, Facsimile, Telepon, Email, RANET (Radio Internet), FM RDS (Radio yang mempunyai fasilitas RDS/Radio Data System) dan melalui Website BMG (www.bmg.go.id). Apabila gempa tersebut telah memenuhi syarat atau kondisi terjadinya Tsunami, maka BMG akan mengeluarkan peringatan Awas Tsunami. Artinya, gempa tersebut berpotensi untuk menimbulkan Tsunami. Untuk jenis Peringatan ini maka, pemerintah mengeluarkan isu evakuasi. Untuk kategori Awas Tsunami ini, Pemerintah Daerah mempunyai kewenangan untuk membunyikan SIRENE yang berarti Lakukan Evakuasi. Peringatan Awas Tsunami ini juga akan secara otomotis ditampilkan melalui Mass Media Elektronik TV dan Radio.
         
17 
              Pengalaman serta banyak kejadian dilapangan membuktikan bahwa meskipun banyak peralatan canggih yang digunakan, tetapi alat yang paling efektif hingga saat ini untuk Sistem Peringatan Dini Tsunami adalah RADIO. Oleh sebab itu, kepada masyarakat yang tinggal didaerah rawan Tsunami diminta untuk selalu siaga mempersiapkan RADIO FM untuk mendengarkan berita peringatan dini Tsunami. Alat lainnya yang juga dikenal ampuh adalah Radio Komunikasi Antar Penduduk. Organisasi yang mengurusnya adalah RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia). Mengapa Radio ? jawabannya sederhana, karena ketika gempa seringkali mati lampu tidak ada listrik. Radio dapat beroperasi dengan baterai. Selain itu karena ukurannya kecil, dapat dibawa-bawa (mobile). Radius komunikasinya pun relatif cukup memadai.


2.13 Hal  yang  Harus  Dilakukan  Saat  dan  Setelah  Terjadi  Tsunami
v  Jika tsunami datang
1.         Jangan panik.
2.         Jangan menjadikan gelombang tsunami sebagai tontonan. Apabila gelombang  tsunami dapat dilihat, berarti kita berada di kawasan yang berbahaya.
3.         Jika air laut surut dari batas normal, tsunami mungkin terjadi.
4.         Bergeraklah dengan cepat ke tempat yang lebih tinggi ajaklah keluarga dan orang di sekitar turut serta. Tetaplah di tempat yang aman sampai air laut benar-benar surut. Jika Anda sedang berada di pinggir laut atau dekat sungai, segera berlari sekuat-kuatnya ke tempat yang lebih tinggi. Jika memungkinkan, berlarilah menuju bukit yang terdekat.
5.         Jika situasi memungkinkan, pergilah ke tempat evakuasi yang sudah ditentukan.
6.         Jika situasi tidak memungkinkan untuk melakukan tindakan seperti di atas, carilah bangunan bertingkat yang bertulang baja (ferroconcrete building), gunakan tangga darurat untuk sampai ke lantai yang paling atas (sedikitnya sampai ke lantai 3).
7.         Jika situasi memungkinkan, pakai jaket hujan dan pastikan tangan anda bebas dan tidak membawa apa-apa.
v  Sesudah tsunami
1.         Ketika kembali ke rumah, jangan lupa memeriksa kerabat satu-persatu.
2.         Jangan memasuki wilayah yang rusak, kecuali setelah dinyatakan aman.
3.         Hindari instalasi listrik.
4.         Datangi posko bencana, untuk mendapatkan informasi Jalinlah komunikasi dan kerja sama degan warga sekitar.
5.         Bersiaplah untuk kembali ke kehidupan yang normal.
18
BAB   III
                       PENUTUP

3.1  Kesimpulan

3 komentar: